Sedulur, mencintai Indonesia itu mudah, dengan mengimani keberagaman kultural yang multietnis maka tanah air ibu pertiwi kita sudah berbahagia. Mencintai Indonesia bukan hanya sekedar absensi kehadiran di setiap peristiwa kehidupan dan kemanusiaan di pelosok negeri, tetapi lebih daripada itu, bagaimana falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara berdiri kokoh dan mengalir dalam jiwa dan raga kita.

Mengiringi lika liku kehidupan bersama dengan orang-orang yang kita cintai, jatuh bangun bersama dengan masyarakat yang memiliki kepedulian yang sama sangat mengharukan dalam perjalanan hidup ini. Indonesia telah merdeka selama 72 tahun, dan sebagai sebuah bangsa dan bernegara kita masih tergolong sangat muda sekali, tetapi tali persaudaraan sebagai anak bangsa nusantara telah berlangsung di setiap jaman dan tatanan masyarakat ini akan terus berlangsung hingga akhir jaman.

Memang kalau ditelusuri di keseharian hidup kita ada dukanya juga, tidak semuanya tentang sukacita, tetapi apabila kita menoleh sedikit kebelakang dan diruntun hingga sekarang hingga masa depan segala pengorbanan layak untuk dilakukan. Tidak semua bangsa dapat merasakan kedamaian yang kita rasakan sekarang dan selayaknya kita bersyukur akan hal itu. Oleh sebab itu, perdamaian, keberagaman dan kebersamaan ini dijaga oleh segenap unsur dan elemen bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Indahnya mengimani kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan Bertuhan Yang Maha Esa dengan berdampingan sesama manusia secara adil dan beradab, menjaga persatuan nasional agar kehidupan berjalan selaras dengan kecintaan kita terhadap Tuhan, memberikan teladan dalam bermusyawarah untuk mencapai mufakat bersama, serta menjunjung keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali.

Bangsa Indonesia sepanjang sejarahnya dilahirkan untuk beribadah, kita sekolah disebut ibadah, kita kerja disebut ibadah, kita menikah disebut ibadah, kita menghirup nafas sudah disebut beribadah. Alangkah eloknya menjadi bangsa Indonesia, yang di setiap sendi-sendi kehidupannya selalu berupaya untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia. Alangkah bangganya menjadi Indonesia dimana setiap langkahnya adalah menjunjung Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika setiap perilaku kita adalah tentang iman terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka tidak ada persoalan yang terlalu besar bagi bangsa Indonesia, sebab kita punya Tuhan Yang Maha Besar untuk bersandar, kita punya Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang untuk memberikan petunjuk dalam menyelesaikan beragam perkara kita.

Salam takzim 😇

Salam cinta ❤💕

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.