Sedulur, di negeri yang makmur gemah ripah loh jenawi ini kita bertumbuh menjadi insan yang pandai bersyukur. Punya sahabat yang baik hatinya kita bersyukur, punya keluarga yang setia kita bersyukur, punya tetangga yang menjunjung kebersamaan kita bersyukur.

Rasa syukur kita memang tak sepenuhnya dihantar oleh kebahagiaan, ada beberapa diantaranya diiringi kepahitan san kegetiran hidup. Justru disaat keadaan menjadi demikian sulit, kita memiliki sahabat, keluarga dan tetangga yang saling mendukung satu sama lainnya.

Bersahabat dengan kawan terutama yang sama-sama berjuang dari nol memang ada dinamikanya, banyak diantaranya setelah puluhan tahun kita bersahabat ternyata selalu saja ada hal baru yang kita kenal tentang sahabat kita, beberapa hal mengagetkan tetapi nilai dari persahabatan adalah justru menyelami kelebihan dan kekurangannya sebagai sosok manusia biasa yang bisa punya kesalahan juga, seperti halnya kita. Ada istilah yang mengatakan sahabat terbaik adalah yang mengenal kondisi terburukmu dan menggali potensi terbaikmu.

Juga berkeluarga, segala problema kehidupan yang bertumpu dipundak kita tak ada tempat lain selain keluarga untuk mengarunginya bersama. Dengan bapak, bersama ibu, kakek, nenek, abang, kakak, adik, istri dan anak-anak kita telusuri kehidupan bersama-sama untuk mencapai keberkahan dan keridhaan Tuhan. 

Berkeluarga bukanlah tentang berencana berbagi tugas menyikat kamar mandi bersama, bukanlah berencana berbagi tugas untuk menumpuk-numpuk pakaian kotor agar di cuci, bukan pula tentang berencana berbagi tugas untuk saling cuci piring sehabis makan. 

Tetapi lebih kepada untuk berencana membangun bahtera keluarga untuk mencapai tujuan yaitu berbahagia, bercanda ria bersama dan beribadah bersama. 

Kalaupun ada diantaranya menyikat kamar mandi, cuci pakaian kotor dan cuci piring kotor hal tersebut merupakan bagian dari keseharian kita, tanpa berkeluarga pun ya memang hal-hal tersebut mesti dilakukan. Berkeluarga tak perlu berencana hidup susah, berkeluarga mesti berencana hidup bahagia, dan memperjuangkan kebahagiaan tersebut bersama-sama.

Begitupula dengan hidup bertetangga, saling tanggung renteng bergotong royong menapaki problema lingkungan juga merupakan sukacita tersendiri. Memperindah lingkungan, bahu membahu menolong keluarga muda, merancang kegiatan anak di lingkungan dan membangun infrastruktur ramah anak di lingkungan seperti taman bacaan dan taman bermain serta menjaga keamanan lingkungan agar indah dan elok di rasa tempat tinggal kita. 

Bertetangga itu merupakan kegiatan yang memenuhi waktu seumur hidup, didalamnya pun terdapat ikatan kebersamaan yang tak lekang oleh waktu, hampir bisa dipastikan bahwa kita bertetangga sama juga dengan menyerahkan separuh hidup kita kepada orang lain dan nilai kepercayaan yang dibangun diantara sesama tetangga melebihi hampir semua aktivitas keseharian yang kita lakukan.

Bersahabat, berkeluarga dan bertetangga merupakan nilai kehidupan yang paling melekat dalam keseharian kita. Perbanyak sahabat, jalin kasih sayang keluarga dan saling rukun dengan tetangga, rajut dengan tali silaturahmi sehingga keberkahan di setiap sendi kehidupan kita dapat tercapai dengan indah. Segalanya akan mudah dijalani apabila hidup kita penuh keberkahan sebab beban menghadapi dan mengarungi kehidupan terkadang memang berat dan bersahabat, berkeluarga serta bertetangga dengan baik memudahka begitu banyak hal.

Sebagai sebuah entitas kebangsaan, Indonesia merupakan bangsa yang memiliki tali persaudaraan yang kuat dengan sesama anak bangsa. Tali persaudaraan inipun menjadi melekat di jiwa dan raga kita kemanapun anak negeri melangkahkan kakinya, dan bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung kemanusiaan yang adil dan beradab sehingga dimanapun kita berada di belahan bumi ini kita selalu mewarnai sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

Selamat beraktivitas di hari Jum’at yang baik ini untuk semua handai taulan. Semoga perjalanan hidup kita berkah dan diridhai Allah SWT. Tetap semangat pada prosesnya agar kehidupan menjadi segar dan sejuk.

Salam takzim 😇

Salam cinta ❤💕

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.