Ilustrasi Kemerdekaan

Ilustrasi Kemerdekaan Sumber foto : http://lampost.com

Sedulur, Menjadi Indonesia merupakan anugerah yang sangat indah bagi bangsa Indonesia. Kebanggaan kita kepada karya anak bangsa begitu terpatri di sanubari anak bangsa Indonesia. Sebab dengan karya rakyat Indonesia dapat merefleksikan kehidupan kesehariannya dalam menempuh lika-liku kehidupan. Perjuangan begitu terasa nikmat di rasa ketika sebagai sesama anak bangsa saling bahu membahu untuk kemaslahatan republik dan sebagai bangsa yang besar kita dapat mengatakan inilah Indonesia kita. Pada prosesnya memang bangsa Indonesia tidak selalu bahagia, ada juga kesedihan dan nestapa, tetapi bersamaan dengan itu semua bangsa Indonesia yang telah menetapkan sebuah pilihan untuk merdeka memperjuangkan untuk mengisi kemerdekaan menjadi sebuah pengejawantahan dari setiap jerih payah yang telah dilakukan. Dengan menikmati berbagai dialektika yang bergumul didalamnya, kemerdekaan yang diperjuangkan memang layak untuk dipertarungkan. Sebagai sebuah pilihan kemerdekaan sangat indah dirasakan dan sebagai bangsa yang menjunjung falsafah kemanusiaan memaknainya dengan berbagai manfaat yang mengemuka. Karya adalah ujung dari setiap sepak terjang perjuangan dan kita dalam prosesnya menjalaninya dengan gemilang.

Sebagai Nation of Value, Indonesia memang dikenal sebagai bangsa yang rela berkorban untuk mempertarungkan berbagai ragam pemikiran untuk diperjuangkan menjadi kenyataan. Untuk itu semua kita bangsa Indonesia saling tepa selira, saling asah, saling asih dan saling asuh dalam proses perjuangannya. Hendaknya ketika kita sedang mencoba untuk meyakinkan bahwa pilihan perjuangan kita tepat untuk dijadikan tujuan, maka dengan serta merta kita melangkahkan kaki kita dengan tangan terkepal menyingsingkan lengan baju untuk mengerjakan apa yang kita perjuangkan dan semuanya menjadi layak untuk dilakukan. Merdekanya Indonesia tidaklah mudah, sebagai bangsa yang beragam yang dipersatukan oleh cita-cita bersama menjadi tolok ukur dari hasil yang kita dapatkan. Proses yang benar pun diperjuangkan, bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang hanya mementingkan hasil, tetapi juga mengindahkan proses perjuangan sehingga kita menjadi bangsa yang berbangga atas perjuangannya. Jerih payah yang dilakukan menjadi ringan di rasa dengan adanya gotong royong didalamnya dan pengorbanan yang ada mendapatkan hasil dari jerih payahnya, sehingga bangsa Indonesia selain menjadi bangsa yang merdeka, juga menjadi bangsa yang pandai bersyukur.

Kehendak untuk menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur begitu terpatri di setiap nadi anak bangsa. Elan perjuangan yang dihembuskan ke setiap angan rakyat Indonesia terus digaungkan hingga ke pelosok negeri. Kita bangsa Indonesia telah mencapai pada sebuah kesimpulan bahwa Indonesia adalah tanah air yang kita cintai dan harus kita perjuangkan bersama apapun kondisinya. Tanah air Indonesia yang kita jaga dan kita rawat bersama merupakan pokok pemikiran yang kerap kali menjadi ajang perdebatan bagi sesama anak bangsa dan indahnya kita melalui itu semua dengan elegan dan optimal, tanpa saling menyakiti dan tanpa saling menciderai. Puji syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa untuk segala yang kita perjuangkan, apapun yang akan terjadi di masa yang akan datang kita persiapkan secara matang dan bukan bermaksud menentang takdir Tuhan, tapi seperti inilah bangsa Indonesia memperjuangkan tanah airnya sebagai ibadahnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pemilik Alam Semesta. Di hadapan kita ke depan masih banyak lagi yang harus diperjuangkan, terciptanya kemaslahatan bagi rakyat banyak keseluruhan menjadi pokok perjuangan. Tanpa harus lagi saling bertikai di antara kita, bangsa Indonesia melesat di antara bangsa – bangsa di dunia dan menjadi inspirasi bagi masyarakat dunia untuk terus memastikan terciptanya kesejahteraan bersama.

Bangsa Indonesia terus menggaungkan perdamaian abadi di seluruh dunia dan menjadi inspirasi bagi dunia untuk kerukunan bersama. Dengan itu pula kita dapat dengan bersemangat melangkahkan kaki kita ke tempat-tempat dimana rakyat sedang memperjuangkan kemaslahatannya dan oleh sebab itu, kita perlu juga menginsyafi secara bersama bahwa Indonesia harus secara bersama-sama tanggung renteng menjemput kemaslahatan rakyat banyak melalui musyawarah dan demokrasi yang telah bergulir di tengah-tengah masyarakat. Saling memaafkan, saling toleransi satu dan lainnya, juga saling bekerjasama untuk meraih cita-cita republik Indonesia merdeka dan optimisme ini mesti terus dikumandangkan ke seantero republik Indonesia agar tercipta tatanan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai falsafah kemanusiaan dan kemerdekaan dapat terwujud sedemikian rupa. Untuk diinsyafi secara bersama-sama bagi kita semua, bahwa kita, bangsa Indonesia, sedang berupaya memenangkan sebuah kehidupan kemerdekaan yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Serta untuk dimaklumi bersama dalam proses perjuangannya membutuhkan kerelaan dari setiap kita untuk memperjuangkannya bersama pula. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang indah dan bersyukurlah bahwa kita sedang memperjuangkannya. Merdeka!!! LIN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.